Pengabdian Kepada Masyarakat Peningkatan Kapasitas Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMP N 1 Bringin Kabupaten Semarang

Monday, 11/05/2020 Kegiatan Prodi

Dewasa ini perkembangan internet semakin pesat dan merambah ke beberapa bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan. Media pembelajaran juga ikut berkembang dan memunculkan Jejaring Sosial Pembelajaran (Social Learning Network). SiPoLin merupakan sebuah media pembelajaran secara daring yang menggabungkan beberapa fitur Learning Management System dan Social Network menjadi Social Learning Network yang khusus dibuat untuk keperluan pendidikan.

Dalam proses belajar mengajar, para guru memiliki banyak media pembelajaran, namun belum memanfaatkan teknologi informasi dengan optimal. Salah satunya adalah interaksi guru dengan murid dan proses penugasan mata pelajaran yang masih dilakukan di jam dan area sekolah. Dalam hal ini, belum menggunakan bantuan Social Learning Network (SLN) sebagai media pembelajaran yang dapat dilakukan saat diluar area dan jam sekolah. Guru masih terpaku pada jam dan kelas di sekolah, belum secara aktif dalam mendorong siswa dalam memahami mata pelajaran yang diberikan di luar jam dan area sekolah.

Untuk memperoleh proses pembelajaran yang efektif, guru harus memiliki media pembelajaran yang inovatif dan menarik, hal inilah yang dialami oleh guru-guru di beberapa SMP di Semarang, untuk itu Program Studi Sarjana Terapan  Akuntansi Perpajakan Universitas Ngudi Waluyo berinisiatif memberikan pelatihan Peningkatan Penggunaan Media Pembelajaran Bagi Guru-Guru SMP N 1 Bringin Kabupaten Semarang melalui kegiatan pengabdian masyarakat yang diketuai oleh Bapak  Kustiyono, S.Kom., S.E., M.Kom., Ak dengan anggota tim yang lain. Kegiatan ini diselenggarakan di Lab Komputer SMP N 1 Bringin Kabupaten Semarang. 

Tim pengabdian mencoba menawarkan solusi dengan menerapkan teknologi SLN yaitu dengan menggunakan aplikasi SiPoLin. SiPoLin merupakan aplikasi yang menerapkan SLN sebagai media pembelajaran berbasis web dan mobile yang dikembangkan tim BPTIK Universitas Ngudi Waluyo Untuk mengakses aplikasi SiPoLin berbasis web maka diperlukan perangkat komputer dan browser. Sedangkan aplikasi SiPoLin berbasis mobile membutuhkan telepon genggam dengan sistem operasi Android. SiPoLin menyediakan fitur-fitur sharing pengetahuan, penugasan dan tes online dan juga bertindak sebagai jejaring sosial untuk interaksi guru dan murid. Berdasarkan permasalahan dan latar belakang diatas, maka solusi yang ditawarkan adalah peningkatan penggunaan media pembelajaran berbasis jejaring sosial, yaitu penggunaan SiPoLin berbasis web dan berbasis mobile bagi guru-guru SMP N 1 Bringin Semarang.

Universitas Ngudi Waluyo © Program Studi Akuntansi Perpajakan D4 2019