Pengabdian Kepada Masyarakat : Pendampingan Kerajinan Tangan dan Pemasaran Digital di Masa Pandemi

Friday, 30/10/2020 Kegiatan Prodi

Pandemi Covid 19 bukan hanya menjadi cambuk bagi negara-negara di seluruh dunia, melainkan juga menjadi penyebab merosotnya perekonomian di beberapa sektor industri. Bahkan akibat dari Pandemi ini tak sedikit pula karyawan yang terpaksa di rumahkan akibat menurunnya daya jual perusahaan. Namun hal ini justru dijadikan alasan para pembisnis untuk melihat peluang usaha saat pandemi yang cocok untuk meningkatkan perekonomian kembali.

Menjalankan usaha di era Covid 19 tentu tak sama seperti era-era sebelumnya. Dimana dibutuhkan kesiapan khusus dengan pemilihan jenis usaha yang harus disesuaikan dengan kondisi saat ini. Meski di beberapa wilayah masih diberlakukan aturan PSBB. Namun hal itu tidak menyurutkan niat para pelaku usaha untuk memulai mengembangkan usaha-usaha baru di tengah masa Pandemi.

Kabupaten Kendal sangat potensial untuk pemberdayaan usaha ekonomi guna menunjang upaya peningkatan pendapatan penduduk. Perkembangan usaha mikro, kecil menengah pada setiap daerah menjadi parameter tumbuhnya kemajuan ekonomi rakyat di Kabupaten Kendal. Salah satu upaya menumbuhkan usaha kecil menengah dengan membentuk kelompok usaha atau usaha bersama pada setiap daerah.

Kegiatan pendampingan dilakukan agar usaha bersama yang dijalankan lebih terprogram dengan baik. Usaha bersama adalah usaha yang dijalankan secara kelompok dalam satu daerah (desa). Peningkatan kemampuan pengelolaan usaha bersama memberikan peranan penting dalam meningkatkan kuantitas ataupun kualitas daripada produk yang dihasilkan. Manajemen usaha merupakan hal yang sangat penting dalam bisnis. Manajemen usaha meliputi aspek produksi, pemasaran, SDM dan keuangan. Dari sinilah kami tim pengabdian kepada masyarakat yang diketuai oleh Ibu Fitri Dwi Jayanti, M.Acc., Ak untuk berbagi ilmu dan pengetahuan terkait dengan pengelolaan usaha bersama tersebut dan bagaimana strategi pemasarannya melalui digital dengan warga desa Sukolilan, Kecamatan Patebon, Kabupaten Kendal.

Pendampingan yang dilakukan ini, diharapkan masyarakat Desa Sukolilan dapat menerapkan dan mengimplementasikan sehingga dapat mengembangkan potensi dan meningkatkan pendapatan, sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya bagi kelompok pada umumnya, bagi diri sendiri dan keluarga pada khususnya.

Universitas Ngudi Waluyo © Program Studi Akuntansi Perpajakan D4 2019